Intel Arc

GPU Intel ARC Unjuk Gigi Pada Esports Tournament Intel Extreme Master 2022

Jakarta – Telah hampir setahun semenjak Intel membongkar lini kartu grafis diskritnya yang bernama Arc, melainkan baru kali ini wujud kartu grafis itu dipamerkan ke publik.

Intel Arc dipamerkan di gelanggang turnamen game Intel Extreme Master (IEM) yang digelar di Texas, Amerika Serikat. Pengujung gelanggang ini dapat mengamati GPU Arc Alchemist edisi spesial dari dekat.

Arc yang dipamerkan berasa dari lini Alchemist 700, melainkan Intel tidak membongkar apakah GPU hal yang demikian ialah seri A770 atau A780, yang ialah GPU flagship pesaing RTX 3070 dan 3080 dari Nvidia.

Dari postingan Twitter Bryce_GfxDriverGuru, salah satu Arc Community Advocates, melewati akun Twitternya. Kartu grafis yang dipamerkan itu memiliki 32 core Intel Xe, VRAM 16GB DDR6, dan lima output yang terdiri dari empat DisplayPort dan sebuah HDMI. Tetapi harga dan ketersediannya belum terkuak.

Sejauh ini, perjalanan GPU Intel ini tidak dapat dibilang mulus. Pada 2021 mereka mengumumkan bila peluncuran kartu grafis desktop PC itu akan tertunda hingga 2022. Tetapi pada Mei 2022 lalu, penundaannya terbukti diperpanjang.

Penundaan absensi Arc terjadi sebab pabrik yang terdampak lockdown serta beragam situasi sulit software, yang menjadi situasi sulit utama dari Arc. Penundaan ini membikin Intel belum dapat ‘mengganggu’ dua pemain besar di ranah GPU PC, adalah Nvidia dan AMD.

Ditambah lagi ketersediaan GPU PC yang sebelumnya langka dan harganya melambung telah relatif membaik. Lalu Nvidia dan AMD malahan telah mulai membangun momentum untuk perilisan GPU generasi berikutnya.

Itu artinya, Intel punya bobot berat untuk mendisrupsi dominasi dua raksasa di ranah kartu grafis hal yang demikian, bagus dari kubu hijau ataupun merah, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Selasa (7/6/2022).